Rabu, 18 Maret 2009

Mengikuti Sunah Rasulullah saw

Muhammadurrasululllah adalah percaya bahwa nabi Muhamad adalah rasul (utusan) Allah swt. Maksudnya, adalah tidak ada cara lain untuk menggapai kebahagiaan, kenikmatan dan kejayaan dunia akhirat, ialah hanya dengan cara mengikuti sunah Rasulullah saw. Hal ini difirmankan dalam Al Quran "Sesunguhnya engkau (Muhammad) memiliki akhlaq yang mulia" (QS. Al-Qalam: 4). "Sungguh telah ada bagi kalian Suri Teladan yang baik pada diri Rasulullah yaitu bagi siapa saja yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah" (QS. Al-Ahzab:21)

Fadhilah (keutamaan) mengikuti sunah Rasulullah saw ialah:
1. Barang siapa mengikuti sunahku, maka ia berarti mencintaiku. Dan barang siapa mencintaiku, maka ia akan bersamaku di surga. Jadi jelaslah sudah, bahwa jika kita mengikuti perkataan dan perbuatan Rasulullah saw, maka sesuai dengan perintah Allah swt.
2. Barang siapa berpegang teguh pada sunahku disaat rusaknya umat, maka ia mendapat pahalanya 100 orang mati syahid.
Sunah Rasulullah ini jika kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari maka akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan maka sangat rugi, karena kita melakukan segala sesuatunya dengan sia-sia tanpa mendapat pahala. Kita harus beriman kepada Rasulullah dengan mempercayai setiap kabar dan pesan-pesannya, karena beliau adalah seorang yang Al-Amin (jujur)

Cara mendapatkan sunah rasulullah saw:
1. Mendakwahkan pentingnya mengikuti sunah nabi Muhammad saw. Hal ini penting, karena tanpa kita dakwahkan kepada orang lain, sunah Rasulullah akan ditinggalkan seiring dengan merambahnya budaya barat yang biasa kita sebut "modernisasi".
2. Latihan mengamalkan sunah rasul 24jam dalam sehari, mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur. Jadi, untuk mengamalkan sunah Rasulullah saw harus kita amalkan penuh dalam satu hari, yaitu mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur, walaupun tidak sepenuhnya dapat kita amalkan, akan tetapi harus dibiasakan untuk mengamalkannya, contohnya: cara bertemu dengan sesama muslim, berpakaian, makan, minum, bergaul dengan istri dll.
3. Berdoa kepada Allah swt, memohon untuk diberi hakekat agar dapat mengamalkan sunah Rasul. Berdoa adalah suatu keharusan, agar diridhoi oleh Allah swt dan diberikan kemudahan dalam mengamalkan sunah nabi Muhammad saw.

Semoga apa yang kita lakukan dapat mencontoh baginda Rasulullah saw dan perbuatan kita dirdhoi oleh Allah swt. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar